Posted by : Unknown Senin, 18 Februari 2013

Perubahan cuaca yang tak menentu seperti pada musim hujan sekarang ini, bisa membuat anda sakit. Gejala sakit yang umum terjadi antara lain flu juga batuk.
Saya sudah seminggu ini terkena flu dan juga batuk, tak ayal anggota keluarga di rumah pun -isteri dan anak- tertular dan sakit flu juga batuk. Yang membuat saya khawatir adalah anak bayi saya yang baru berumur 5 bulan 3 minggu juga terserang batuk....

Batuk adalah reflek dari tubuh karena adanya sesuatu yang mengganggu pada saluran pernapasan. Batuk merupakan suatu tanda bahwa ada yang tidak baik pada saluran pernapasan.

Kita sebagai orang tua sebaiknya berhati-hati dalam memberikan obat batuk, khususnya pada balita. Apabila batuk dirasakan tidak terlalu mengganggu dan berbahaya, anak sebaiknya cukup diberikan air putih atau ASI saja (Usia di bawah 6 bulan).

Kalau memang batuk pada anak terlihat sangat mengganggu dan butuh obat, sebaiknya berikan obat batuk pengencer dahak (ekspektoran) dan obat yang bisa membantu mengeluarkan dahak. Penggunaan obat batuk pada anak adalah pilihan terakhir. Bilamana anak mengalami batuk yang disebabkan oleh flu biasa, maka tanpa diberikan obat gejala batuk-batuk ini akan hilang dengan sendirinya. Dan bilamana batuk-batuk berlangsung lebih dari dua minggu, sebaiknya bawa ke dokter untuk mencari penyebabnya, sehingga obat yang diberikan tepat guna dan sasaran.

Berikut tips bagaimana mengatasi batuk pada bayi anda:

  • Memberikan minum yang lebih banyak dari biasanya untuk mengencerkan lendir di tenggorokan.
  • Istirahat yang cukup.
  • Disarankan untuk mengkonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang diderita. Hindari mengkonsumsi obat yang bersifat untuk mengobati banyak gejala seperti batuk-pilek, hidung tersumbat dan demam dalam satu obat kecuali semua gejala tersebut dialami oleh anak.
  • Disarankan untuk memberikan obat yang bersifat untuk mengencerkan dahak. Hindari obat yang bersifat menekan batuk karena akan menghambat lendir yang akan keluar.
  • hindari memberikan obat bebas tanpa resep dokter untuk anak usia dibawah 2 tahun.
  • segera berkonsultasi dengan dokter apabila dalam jangka waktu 2 hari setelah mengkonsumsi obat bebas tidak mengalami perbaikan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Bunda Hamil -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -