Posted by : Unknown Selasa, 11 Desember 2012

AGAR BAYI PREMATUR CEPAT BESAR



Batas bobot bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit jika telah mencapai 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram perharinya.

Bayi prematur lahir di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Selain perkembangan organ tubuhnya belum sepenuhnya sempurna, berat badan juga masih sangat kecil. Untuk itu, perlu perawatan dan perlakuan khusus agar berat badannya cepat bertambah.

 

Nutrisi Harus Cukup.

Tambah berat badannya dengan memberi ASI tiap 3 jam sekali. Batas bobot bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari. Misalnya ketika pulang berat badan bayi 2 kg, maka kenaikan berat badan diharapkan 30 gram/hari. Bila bayi terlihat lelah menyusui, lanjutkan pemberian ASI dengan memberi ASI perah. Tanda kecukuipan cairan dan nutrisi adalah bila bayi BAK dari 6 kali sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentu berat badannya meningkat.Pada bayi preamtur tertentu, dokter menyarankan tambahan penguat atau fortifiksai ASI atau susu untuk menambah kalori dalam rangka mengejar pertumbuhan. Biasanya bayi diberi suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum.

Hemat Kalori. 

Batasi penggunaan kalorinya agar digunakan maksimal untuk tumbuh. Hindari memegang bayi mendadak atau secara kasar sehingga ia kaget, yang berakibat membuang energinya.

Tidak Kedinginan.

Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5-37,5 derajat Celcius, jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27-28 derajat C.
Bila pipis, segera ganti popoknya. 
Bila ia kedinginan atau gelisah bungkus atau bedong, namun jangan terlalu ketat dan terlalu lama sebab mempengaruhi perkembangan motorik kasar.

Kontrol Rutin. 

Periksakan pertumbuhannya, meliputi BB/BT dan lingkar kepala, setiap 2 minggu  hingga 1 bulan sesuai anjuran dokter.

semoga bermanfaat!!
(sumber: www.ayahbunda.co.id)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Bunda Hamil -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -