Posted by : Unknown Selasa, 11 Desember 2012

Tanda-tanda bahaya sebelum persalinan yang harus diwaspadai  


1. Ketuban pecah dini

Normalnya, ketuban pecah beberapa saat sebelum melahirkan. Jika sebelum tanggal perkiraan persalinan, ibu telah merasa keluarnya cairan dalam jumlah banyak dari kemaluan (pecahnya ketuban), segeralah ke rumah sakit, karena ketuban pecah dini dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi.

2. Perdarahan

Perdarahan pada kehamilan lanjut (20 minggu) dapat menyebabkan ancaman bagi ibu dan janin. Ibu perlu segera mendapatkan pertolongan di rumah sakit.

3. Pergerakan janin berkurang

Berkurang atau hilangnya pergerakan janin dapat merupakan suatu tanda gawat janin yang dapat berakhir dengan kematian janin. Karena itu sebaiknya ibu mengerti cara menghitung pergerakan janin dalam satu dari dan segera ke dokter jika menduga pergerakan janin berkurang.

4. Tekanan darah meningkat

Tekanan darah meningkat tanpa pemeriksaan tensi darah sulit diketahui, tetapi apabila ibu merasa bengkak pada kaki yang tidak hilang setelah diistirahatkan, bengkak pada punggung tangan, bengkak pada kelopak mata atau bagian tubuh lainnya, segera hubungi dokter atau rumah sakit karena kemungkinan ibu terancam pre-eklamsia (keracunan kehamilan).

selain itu, perlu juga diwaspadai ketika berat badan ibu tidak bertambah selama masa kehamilan,, terutama jika sudah masuk trimester ke-2. juga ketika ibu terus-terusan muntah/mual dan tidak mau makan.

semoga bermanfaat...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Bunda Hamil -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -