Posted by : Unknown Jumat, 29 Juni 2012


Ibu Hamil dan Bayi Dalam Kandungan Memerlukan Nutrisi Yang Cukup,


Berlokasi di Hotel Mulia Senayan, Sebuah perusahaan terkenal pengolahan susu bermerk Fonterra memperkenalkan Anmum Materna Gold®, Adalah susu khusus untuk ibu hamil yang telah teruji secara klinis meningkatkan folat. Perhelatan itu juga menghadirkan Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG(K) ini juga memaparkan tentang pentingnya asupan nutrisi yang cukup pada masa-masa kehamilan. Beberapa nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh ibu hamil diantaranya adalah folat (vitamin B9), kalsium, asupan zat besi, piridoksin (vitamin B6), kecukupan vitamin D, dan sianokobalamin (vitamin B12). Sedangkan untuk asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk janin dalam kandungan adalah DHA, gangliosida (GA), folat, zat besi, FE, EFA, serta kolin.

Mari bicara kenyataan yang Ada: Di Jakarta, tiga dari lima atau berkisar 60% wanita usia subur mempunyai kadar folat yang kurang dari kadar folat yg dianjurkan. Padahal, asupan folat yang cukup sangat penting untuk dapat mengurangi risiko timbulnya neural tube deffects (atau cacat lahir pada otak dan tulang belakang bayi), sindrom down, terjadinya bibir sumbing, dan cacat bawaan lahir bayi. Bagi ibu, folat dapat mengurangi adanya risiko anemia megaloblastik serta dapat menurunkan kadar homosistein dalam aliran darah yang dapat bepengaruh pd berkurangnya risiko terkena preeklamsia. Eklamsia dan preeklamsia adalah tiga penyebab terbesar tingginya angka kematian para ibu saat melahirkan di Indonesia selain terjadinya perdarahan dan infeksi.


Manfaat Bagi Para Ibu:

Di dalam kandungan, pada usia kandungan 17 hari sel-sel otak janin telah mulai terbentuk dan berkembang. Pada saat inilah pentingnya peranan asupan folat yg cukup sebagai langkah awal dalam pembentukan tabung otak dan pembentukan sum-sum tulang belakang bayi. Selain asupan folat cukup, ada banyak lagi kandungan nutrisi yang sangat diperlukan pada saat perkembangan otak janin. Nutrisi ini sangat penting masa kehamilan karena proses perkembangan otak bayi mengalami pertumbuhan yang cepat di saat trimester ke-3 sampai usia 30 bulan kandungan.


Cara Cepat Hamil


Untuk semua ibu hamil, kalsium sangat diperlukan untuk dapat memenuhi semua kebutuhan yang meningkat akibat terjadinya pembentukan tulang dan gigi bayi. Dengan pemberian zat besi yang cukup bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit anemia di saat kehamilan berlangsung. Tetapi, pada trimester pertama, zat besi bisa merangsang terjadinya mual pada rata-rata ibu hamil. Menurut penjelasan Dr. Judi, terjadinya mual pada ibu hamil jangan dihilangkan, Sebab mekanisme mual adalah cara sanga bayi ’berbicara’ kepada ibunya. Kebutuhan akan asupan zat besi meningkat pada masa-masa kehamilan khususnya kehamilan trimester ke 2 disebabkan ekspansi jaringan ibu hamil dan pembentukan sel darah merah, juga adanya simpanan zat besi pada sang janin.

Tablet ataupun suplemen yang mempunyai kandungan vitamin B6 biasa dapat diberikan oleh dokter pada wanita hamil untuk dapat membantu mengurangi terjadinya rasa mual pada saat kehamilan. Pemberian vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dengan mudah sehingga dapat membantu menjaga kepadatan tulang ibu hamil. Sedangkan fungsi vitamin B12 untuk membantu perkembangan sel otak dan syaraf janin. Pemberian folat pada saat kehamilan dapat dikombinasi dgn pemberian vitamin B12 bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya anemia megaloblastik.


Manfaat bagi Janin Ibu:

Dr. Tria Rosemiarti dari Anmum Team juga menjelaskan bahwa pentingnya kecukupan nutrisi untuk ibu hamil dan janinnya. Omega 3 dan DHA bagi janin sangat diperlukan dalam jumlah yang cukup untuk dapat melakukan pembentukan sistem saraf pusat janin. Pada studi lainnya memperlihatkan bahwa gangliosida sangat berperan pada pembentukan struktur otak, migrasi sel otak, untuk pembentukan sinapsis, dan myelinisasi. Selain hal itu gangliosida juga berpengaruh terhadap fungsi sel otak, terutama fungsi belajar dan fungsi mengingat. Kolin dihantarkan kepada janin lewat plasenta ibu. Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa asupan kolin pada saat kehamilan sangat mempengaruhi perkembangan otak terutama fungsi mengingat sang janin nantinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Recent Post

- Copyright © Bunda Hamil -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -